upperads

Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

POLITIKAL NEWS

Business

Technology

KRIMINALITAS

ANTI KORUPTOR

Sports

POROS KALTENG

» » » Penyakit Pengungsi Fokus Ditangani


Endang Rahayu Sedyaningsih (inilah.com)

Jakarta - Penyakit kemungkinan timbul akibat semburan debu dari letusan Gunung Sinabung fokus ditangani Kementrian Kesehatan RI. Biasanya penyakit berbagaya adalah Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Pentin dan perlu diwaspadai adalah penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih di Jakarta, Senin (30/8).

Pihaknya, telah mengirimkan sebanyak 20 ribu masker, termasuk 7 ribu dari regional Medan dan seribu dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Medan. Selanutnya akan segera dikirim kembali tambahan masker sebanyak 30 ribu lembar.

Selain itu, masker, Kementrian Kesehatan RI juga telah mengirimkan 2 koli obat-obatan ISPA, gangguan kulit, dan mata. Penyakit lainnya yang membahayakan, menurut Endang adalah diare.

Penyakit itu kemungkinan besar terjangkit mengingat dilokasi pengungsian yang padat dan tenda yang sempit, air bersih sulit diperoleh. Ditambah lagi sanitasi yang buruk memungkinkan penyakit diare mudah menyerang.

"Saya ingatkan kepada petugas agar para anak-anak dan bayi mendapat prioritas ditangani terutama agar terjaga asupan makanannya," kata Endang.

Menurutnya, dalam pengungsian biasanya akan berdampak pada penurunan berat badan pada anak-anak dan bayi. Kemenkes sudah mengirim 135 boks makanan pendamping ASI.

Kemenkes juga telah mengirim staf SubDit Kesehatan Matra dan petugas Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) ke lokasi pengungsian untuk menjaga kondisi lingkungan disekitar tenda pengungsian.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply