upperads

Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

POLITIKAL NEWS

Business

Technology

KRIMINALITAS

ANTI KORUPTOR

Sports

POROS KALTENG

» » » » Penggunaan Jembatan Klaihien di Barsel Diresmikan

BUNTOK - Setelah melalui proses pembangunan yang cukup panjang akhirnya Jembatan Kalahien secara resmi dapat di lewati oleh masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng) yang umumnya di wilayah Barito.

Acara peresmian jembatan nomor dua terpanjang di wilayah Kalimantan Tengah diresmikan oleh Gubernur A.Teras Narang,SH dengan di hadiri ribuan masyarakat Kamis(25/11).

Turut hadir dalam acara itu, wakil gubernur Ir H Akhmad Diran, anggota DPR-RI, DPD Kalteng, Kapolda Drs H Damianus Zeky, Kajati, Bupati Barsel Ir H.Baharudin Lisa serta para bupati dan wakil bupati se Kalteng.

Gubernur Kalimantan Tengah A.Teras Narang dalam amanatnya,mengucapkan banyak rasa syukur atas terlaksana dan selesainya jembatan kalahien yang menghubungkan kota di wilayah barito menuju arah kota Palangkaraya.

Menurut Gubernur, perjalanan pembangunan jembatan memerlukan proses yang panjang dengan di mulai pada tahun 1998 sejak bupati Ir,H Akhmad Diran di Barito Selatan yang sekarang menjadi wakil Gubernur.

"Jembatan ini dimulai sejak Bapak bupati Ir,H Akhmad Diran yang wilayahnya masih belum ada pemekaran dan gubernurnya bapak Warsito Rasman yang berarti dua belas tahun lamanya," terangnya.

Jembatan ini merupakan yang bersejarah bagi Kalimantan Tengah, karena selama lima puluh tiga tahun sejak terpisahnya dengan Kalimantan Selatan dan jembatan ini yang akan mempersatukan antara sungai Barito dan sungai Kapuas.

Dengan selesainya jembatan ini pula lanjutnya, empat Kabupaten di wilayah Barito dengan wilayah-wilayah yang ada di provinsi kalteng ini, mampu terhubung dengan mudah.

"Pembangunan jembatan kalahien bukan karena Teras/Diran tetapi ini adalah karena semangat kebersamaan, semangat persatuan dan yang paling penting adalah untuk membuka keterisolasian," tegas Teras.

Terpenting, lanjutnya, untuk mengejar ketertinggalan dari provinsi lain. Pada saat masih belum menjadi orang nomor satu di kalteng dan menjabat sebagai anggota DPR-RI Teras Narang, pernah melakukan kunjungan di wilayah Barsel.

Diakuinya, kalau ingin ke wilayah Barito harus melalui Kalimantan Selatan karena akses jalan satu-satunya hanya melewati provinsi tetangga yang memakan waktu selama dua belas jam.

Akan tetapi setelah dibangun saran jalan walaupun masih belum selesainya jembatan penghubung ini, pihaknya tak pernah lagi melawati Banjarmasin sejak tahun 2006.

"Dengan selesai ini hendaknya masyarakat gunakan jalan yang ada dan ini tiada lain adalah untuk merasakan kembali betapa sulitnya transportasi dan minimnya inprastruktur di Kalimantan tengah," pungkasnya.

Sebelum gubernur memberikan sambutan terlebih dulu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalteng Ir Ben Barhim S Bahat menyampaikan laporan, bahwa jembatan kalahien mempunyai panjang sekitar 620 meter dengan lebar sekitar sembilan meter atau sedikit lebih pendek dari jembatan sungai kahayan yang mempunya panjang 640 meter.

Dengan kontraktor pelaksana PT.Agrabudi Karya Marga yang menelan dana sekitar Rp 189,45 miliar dengan pengerjaan memakai system tahun jamak.

Laporan : Syarbani

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply