upperads

Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

POLITIKAL NEWS

Business

Technology

KRIMINALITAS

ANTI KORUPTOR

Sports

POROS KALTENG

» » » Jumlah Penderita HIV/AIDS di Kalteng Meningkat

Struktur kerja Virus HIV
PALANGKARAYA - Ini peringatan bagi mereka yang masih suka jajan cinta ditempat lokalisasi di Kalimantan Tengah (Kalteng). Jumlah penderita mengidap penyakit HIV/AIDS didaerah setempat menujukan tren peningkatan. Ini membuktikan bila penyebaran virus mematikan itu terus meluas tiap tahunnya di Kalteng ini.

"Tiap tahun jumlah penderita HIV/AIDS didaerah terus naik. Terbaru data dari Januari hingga September, ditemukan 25 kasus," lata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Don FB Leiden, kepada wartawan, kemaren.

Tren peningkatan pada penderita HIV/AIDS ini menurutnya sangat memprihatinkan. Diharapkan kasus ini mendapat perhatian khsusu dari semua pihak. Agar turut melakukan pencegahan, agar bisa menekan penyebaran virus mematikan itu.

Data Dinkes Kalteng menunjukan terdapat 71 kasus sejak 2005 hingga September 2010. Terjadi lonjakan kasus cukup signifikan pada tahun 2009, dimana ditemukan 21 kasus, kemudian Januari-September 2010 25 kasus. Sedangkan 2008 cuma ada delapan kasus penderita HIV/AIDS.

Menurut Don, faktor penyebab terjadi lonjakan jumlah penderita HIV/AIDS di Kalteng ini disebabkan kurangnya perhatian pemerintah dalam upaya pencegahan. Pemerintah, sebutnya, belum maksimal menanggulangi penyebaran sehingga penyebaran AIDS tiap tahunya bukan berkurang malah meningkat.

Selain itu, diakuinya penyebaran lantaran Kalteng saat ini makin maju sehingga terjadi migrasi masyarakat dari luar daerah ke Kalteng yang juga bisa membawa potensi penyakit mematikan tersebut.

"Selama satu bulan ini, sejumlah kegiatan kami digelar untuk pencegahan bertambahnya penderita. Kegiatan khususnya menyambut Peringatan Hari AIDS Sedunia yang puncaknya pada 1 Desember mendatang," ucapnya.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply